Dr. Sidik Setiamihardja, SpBP-RE

SpecialityDokter Spesialis Bedah Plastik

EducationFK Universitas Indonesia

Work DaysSenin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu

Dr. Sidik Setiamihardja, SpBP-RE

Kelahiran Jakarta dan anak ke-7 dari 13 bersaudara ini semasa kecil hidup sederhana. “Di sekolah rakyat (sekarang SD) dari kelas 1-6 itu saya tidak pernah pake sepatu.  Hanya pakai sandal dan hanya punya satu buku tulis,” ujar Dr Sidik Setiamihardja, SpBP-RE.  Namun, ia menjalani semua itu dengan sabar dan ikhlas. “Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik, meski situasi kadang tidak mendukung.” Itulah kesederhanaan dr Sidik Setiamihardja, yang patut kita teladani.

Lulus SMA, meski awalnya tidak berniat menjdi dokter, ia diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Setelah mengambil spesialisasi bedah umum, bersama rekan dan gurunya mendirikan pendidikan bedah plastik di Indonesia. “Ada 9 dokter, termasuk saya. Waktu itu tahun 1980-an,” ujar pendiri RS Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat ini. “Hampir semua keilmuan bedah plastik,  estetik dan rekonstruksi, saya lakukan disini. Kecuali mengubah jenis kelamin.”

Staf pengajar di Departemen Bedah FKUI RSCM ini rutin menyalurkan hobinya memancing. “Dulu saya mancing dua minggu sekali di laut. Sempat punya perahu sendiri, yang khusus untuk memancing,” katanya. Memancing sudah mendarah daging baginya. “Saya seneng memancing sejak di sekolah rakyat.  Saya biasa membuat joran pancing sendiri, mempersiapkan mata pancing dan umpannya. Semuanya  masih terekam dalam ingatan.”

Hobi Dr Sidik Setiamihardja

Memancing dekat Gunung Krakatau, ia pernah mendapat ikan marlin seberat 25 Kg. Memancing dinilainya dapat melatih kesabaran, yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Ketika di laut, ia merasakan kebesaran Sang Pencipta.

Karena usia, hobinya ini terhenti. Sebagai gantinya ia memelihara ikan di kolam rumah di daerah Menteng. Yang dipelihara bukan ikan biasa. Ada ikan arapaima, predator asal Brasil. Ada ikan gabus Lampung. Menelihara ikan Predator, “Kolam selalu bersih. Nggak perlu membersihkan sisa pelet atau air yang cepet hijau,” ujar dr Sidik Setiamihardja. Ia juga memilihara udang di tambak di Banten Selatan.

Pengalaman di bidang bedah plastik pria ini tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai pendiri dan penganggas perhimpunan bedah plastik Indonesia dr. sidik juga aktif sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Indonesia.

Jl. Raya Babelan, Bekasi 17610

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

0812 9720 6408

distribusinuskin@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Join Member NuSKin